Wali Kota Gdansk Polandia Ditusuk

Pelaku diringkus polisi di atas panggung. (Foto: AFP)

Warsawa: Wali Kota Gdansk, sebuah kota di Polandia, Pawel Adamowicz ditikam oleh seorang pria ketika sedang menggelar konser amal. Kondisinya disebut cukup serius.

Serangan ini terjadi ketika Adamowicz sedang mengadakan konser amal yaitu perayaan tahunan Orkestra Natal. Dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk membeli peralatan guna merawat anak-anak di rumah sakit yang dikelola pemerintah. 

Laporan sejumlah media di Polandia menyebutkan, pelaku bernama Stefan W berusia 27 tahun yang berasal dari Gdansk. Ia memiliki catatan kejahatan dan kekerasan.

Dilansir dari Guardian, Senin 14 Januari 2019, sebelum menusuk Adamowicz, Stefan sempat merebut mikrofon di atas panggung. Dia memperkenalkan dirinya dan mengaku tidak bersalah serta tak pantas dipenjara.

“Civic Platform benar-benar sengaja menyiksaku, dan itulah sebabnya Adamowicz pantas mati,” teriak Stefan. Setelah itu, ia langsung menikam Adamowicz yang berada di atas panggung. 

Adamowicz merupakan anggota Civil Platform pro-Polandia yang memerintah Polandia dari 2007 hingga 2015, sebelum meninggalkan partai untuk bertarung dalam pemilihan lokal sebagai sosok independen.

Stefan sendiri sempat dipenjara pada 2014 karena serangkaian kekerasan dan kejahatan. Ia juga diketahui telah merencanakan serangan untuk beberapa waktu ke depan.

Adamowicz sendiri merupakan seorang liberal sejak 2015. Ia terkenal di Polandia sebagai sosok yang kerap menyuarakan hak-hak LGBT, imigran dan pengungsi. 

(WIL)