Tujuh Orang Tewas dalam Longsor di Alpen

Tim penolong berkumpul di pegunungan Alpen Prancis. (Foto: AFP)

Wina: Sedikitnya tujuh orang tewas terkena salju longsor di Pegunungan Alpen, yang relatif berbahaya sepanjang akhir pekan kemarin. Para pendaki menghadapi risiko tinggi terkena longsor di pegunungan Alpen wilayah Austria, Jerman dan Italia,

Dua salju longsor terpisah menewaskan dua pendaki asal Jerman di Vorarlberg, Austria. Pendaki ketiga meninggal dunia di distrik Pongau dekat Salzburg.

Di Bavaria, seorang pendaki tewas terkena pohon tumbang di tengah guyuran salju di dekat Bad Tolz. Sementara salju longsor di Teisenberg menewaskan seorang wanita muda.

Seperti dikutip dari kantor berita BBC, Selasa 8 Januari 2019, dua korban lainnya dilaporkan tewas di Alpen wilayah Italia. Tim penyelamat menemukan jasad mereka di Cristalliera di ketinggian 2.800 meter.

Peringatan salju longsor kini diterapkan di sepanjang Austrian Tyrol dan Alpen Bavaria. Para pendaki diberikan peringatan untuk berhati-hati saat berseluncur, dan banyak rute menuju pegunungan Alpen ditutup karena risiko salju longsor.

Saat ini Italia sedang dilanda cuaca ekstrem, di mana salju bahkan mencapai Matera yang berlokasi jauh di selatan. Salju juga dilaporkan turun di Gunung Vesuvius dekat Naples — suatu pemandangan yang jarang terjadi.

Salju tebal memaksa banyak sekolah ditutup di seantero Bavaria. Jaringan kereta api juga ikut terganggu.

Intensitas salju diperkirakan meningkat dalam beberapa hari ke depan. Otoritas Australia memprediksi ketebalan salju akan mencapai 120 sentimeter pada Kamis mendatang.

(WIL)