Korban Hujan dan Badai Salju Eropa Jadi 20 Orang

Foto udara memperlihatkan kota Sofia, Bulgaria, tertutup salju, 26 Februari 2018. (Foto: AFP/DIMITAR DILKOFF)

Sofia: Sedikitnya 20 orang tewas akibat hujan dan badai salju yang terus melanda seantero Eropa. Dalam kematian terbaru, dua pemain ski di Bulgaria dilaporkan tewas akibat salju longsor di Bulgaria, Jumat 11 Januari 2019.

Cuaca ekstrem Eropa ini membuat sejumlah sekolah ditutup serta akses dari dan menuju beberapa desa terpencil di Balkan terputus. Lalu lintas serta jaringan listrik di beberapa negara Balkan juga terganggu.

Baca: 12 Orang Tewas di Tengah Cuaca Ekstrem Eropa

Palang Merah Bulgaria menyebut jasad dua pemain ski itu ditemukan sekitar pukul 12.00 siang di Pegunungan Pirin. Palang Merah menyebut keduanya telah memicu salju longsor usai sebelumnya mengabaikan peringatan petugas.

Guyuran salju juga memicu longsor di Jerman dan Austria. Sejumlah penerbangan di Frankfurt serta Munich dibatalkan untuk alasan keamanan.

Di Jerman, seorang sopir pembersih salju tewas usai kendaraannya jatuh terperosok ke sebuah sungai es. Kepolisian Lenggries mengatakan pria 48 tahun itu berhasil diselamatkan, namun meninggal dunia beberapa jam usai dirawat di rumah sakit.

Austria mengerahkan helikopter untuk menyelamatkan sejumlah remaja yang sudah terjebak berhari-hari di sebuah vila di area pegunungan. Di Salzburg, semua taman dan area bermain serta pemakaman ditutup karena pemerintah khawatir pepohonan akan tumbang di tengah cuaca buruk.

Sementara di Swiss bagian timur, tiga orang dilaporkan terluka saat salju longsor mengenai sebuah hotel di Schwaegalp pada Kamis kemarin. Menteri Energi Albania mengatakan sebuah perusahaan listrik tewas saat sedang memperbaiki sistem pemasok daya.

Sekitar 2.000 prajurit dan petugas lainnya di Albania dikerahkan untuk membantu masyarakat yang terjebak salju. Mereka juga ditugaskan membersihkan jalanan dari salju di beberapa titik menuju area pegunungan.

(WIL)