214 Imigran Afrika Diselamatkan dari Tengah Laut

Imigran yang berupaya menggapai Eropa tetapi terdampar di Laut Mediterania. (Foto: AFP).

Alboran: Badan Keselamatan Maritim Spanyol pada Rabu 2 Januari menyelamatkan 214 imigran Afrika yang berupaya mencapai Eropa dari Maroko. Sehari sebelumnya agensi itu menyelamatkan 111 orang lainnya.

Sebanyak 164 imigran diselamatkan Rabu dari tiga kapal kecil di Laut Alboran, dalam perairan Laut Mediterania barat daya. Sementara 50 imigran lainnya ditarik dari perairan di Selat Gibraltar.

Kapal penyelamat merespons laporan kapal lain yang dikeluarkan sekitar pukul 5 waktu setempat di Alboran. Pada Selasa, 111 imigran Afrika diselamatkan dengan tiga kapal kecil, dua di Alboran membawa 96 imigran, dan satu lagi di Gibraltar membawa 15 orang.

Mereka ditemukan di kapal penangkap ikan kecil terbuka yang dikenal sebagai pateras. Banyak yang diangkut ke pelabuhan Almeria. Semua berasal dari Maroko.

“Sebanyak 111.558 imigran dan pengungsi telah memasuki Eropa melalui laut pada 2018 hingga 16 Desember,” kata Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

“Tahun lalu menjadi tahun kelima berturut-turut bagi kedatangan imigran gelap dan pengungsi ke Eropa mencapai 100.000,” sebut IOM seperti disitir dari UPI, Kamis 3 Januari 2019.

Sementara bagian lain dari kawasan Eropa selatan telah memperketat pembatasan pada imigran Afrika, Spanyol terus menerimanya. 

Pekan lalu, Spanyol menerima kapal organisasi kemanusiaan yang membawa lebih dari 300 imigran yang diselamatkan dari perairan Libya. Lainnya, negara-negara Eropa yang lebih dekat, termasuk Italia dan Malta, menolak mereka.

(FJR)