12 Orang Tewas di Tengah Cuaca Ekstrem Eropa

Rombongan mobil hendak bergerak dari Bonneval-sur-Arc ke Bessans di pegunungan Alpen Prancis, 12 Januari 2018 (Foto: AFP/JEAN-PIERRE CLATOT)

Oslo: Sedikitnya 12 orang tewas di tengah cuaca dingin ekstrem di beberapa wilayah di Eropa. Ratusan orang juga dilaporkan terjebak di wilayah Alpine di tengah guyuran salju dan tiupan angin kencang, yang meningkatkan risiko salju longsor serta membuat beberapa penerbangan dibatalkan.

Seperti dilansir dari laman Independent, Selasa 8 Januari 2019, empat pendaki dilaporkan tewas di Norwegia. Petugas kesulitan mengevakuasi keempat jenazah karena terbatasnya jarak pandang serta salju yang terus mengguyur area.

Empat orang itu terdiri dari satu wanita asal Swedia dan tiga warga Finlandia. Mereka semua diyakini telah meninggal dunia setelah salju longsor menghantam sebuah lembah tempat mereka berada di dekat kota Tromso.

Di Austria, ratusan warga terjebak di rumah karena jalan raya terblokade salju. Di beberapa daerah, banyak rumah kehilangan daya akibat pohon tumbang yang merusak sejumlah tiang listrik.

Media ORF melaporkan seorang pria berusia 78 tahun terluka parah saat terjatuh dari atap rumahnya di Turrach, Austria. 

Senin kemarin, 11 orang asal Jerman diselamatkan tim pendaki di sebuah kabin dekat Salzburg. Kesebelas orang itu terjebak tanpa listrik dan hanya memiliki sedikit makanan sejak Jumat pekan kemarin.

Sejumlah orang lainnya dilaporkan tewas di tengah cuaca ekstrem di Swiss, Austria dan Jerman. Otoritas Eropa mengingatkan kondisi cuaca saat ini rentan memicu salju longsor.

(WIL)